Sejarah Desa Sekartaji

Administrator

Berikut ini sejarah Desa Sekartaji

Desa Sekartaji adalah salah satu desa di Kecamatan Nusa Penida, yang terletak 22 Kilometer dari Kota Kecamatan. Sampai saat ini sejarah kelahiran Desa Sekartaji belum bisa diketahui secara pasti karena tidak adanya bukti-bukti tertulis yang menerangkan tentang asal usul atau sejarah dari Desa Sekartaji, akan tetapi berdasarkan cerita dari para tetua kami, Penyusun mencoba merangkum Sejarah Desa Sekartaji dari informasi dan keterangan-keterangan yang Penyusun dapatkan.

Desa Sekartaji adalah termasuk salah satu desa tua,hal ini dapat dibuktikan dengan ditemukannya banyak kerangka manusia yang ukurannya lebih kecil dari manusia normal dan sudah memakai perhiasan yang terbuat dari tembaga.Tetapi lahirnya nama Desa Sekartaji berawal dari cerita bahwa dahulu kala di Desa Ped ada 8 (delapan) orang bersaudara yang semuanya laki-laki,karena situasi pada saat itu tidak aman maka orang tua mereka memerintahkan kedelapan putra beliau untuk berpencar dan menyebar ke segala penjuru,salah seorang dari delapan bersaudara tersebut adalah I Gusti Nyoman Murdana yang berangkat menuju pesisir selatan Pulau Nusa Penida. Dengan berbekal pusaka berupa patung dan senjata berupa taji (senjata ayam saat diadu ),karena kesekartajian beliau di sepanjang jalan maka senjata (taji) tersebut disuntingkan ditelinga (kasumpangan/kasekaran) setelah sampai kepesisir selatan dan beliau menetap ditempat tersebut maka dinamakan wilayah tersebut dengan nama SEKARTAJI,YANG ARTINYA Taji yang dipakai bunga (sekar) sehingga sampai sekarang desa tersebut bernama Sekartaji.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Pengaduan Online

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Aparatur Desa

Info Media Sosial

Facebook

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini